LOGO GEOPARK KARANGBOLONG KARANGSAMBUNG [ VEKTOR PNG CDR ]

Logo Geopark karangbolong Karangsambung


Geopark Karangsambung-Karangbolong di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah telah mendapat sertifikat sebagai geopark nasional pada 30 November 2018. Dengan luas sekita 543,599 km2 yang mencakup 12 Kecamatan dengan 117 Desa. Terdapat 41 (empat puluh satu) situs geologi yang menjadi situs utama di dalam Kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong. Situs tersebut dilengkapi oleh 8 (delapan) situs biologi dan 10 (sepuluh) situs budaya. 

Geopark Karangsambung-Karangbolong secara geografis mewakili bagian utara dan selatan daerah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Secara keseluruhan kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong akan terbagi menjadi 3 (tiga) segmen, yaitu Kawasan Karangsambung (Kawasan Cagar Alam geologi Karangsambung di Bagian Utara), Kawasan Sempor (Bagian Tengah) dan Kawasan Pesisir Ayah yang merupakan kawasan karst dan vulkanik tua (Bagian Selatan). 

Aspiring Geopark ini mengangkat tema “fosil” subduksi jaman Kapur-Paleosen (Bagian Utara) di daerah Karangsambung dengan bukti-bukti singkapan batuan yang berasal dari bagian Lempeng Samudera India-Australia dan Lempeng Benua Eurasia. Batuan yang berumur Kapur sampai Eosen dengan berbagai jenis mulai batuan metamorf derajat tinggi, batuan beku basa sampai ultrabasa dan batuan sedimen laut dalam tersaji dalam bentukan perbukitan “Melange” yang dikenal dengan nama “Melange Lukulo”. Ke arah selatan batuan ini berubah melalui proses vulkanisme dan sedimentasi yang umurnya jauh lebih muda dari bagian utara (Bagian Tengah). Selanjutnya, semakin keselatan terpampanglah hamparan perbukitan berbentuk kerucut (conical hills) ciri khas bentang alam karst dengan penyusunnya batu gamping serta di beberapa memperlihatkan sisa proses vulkanisme berupa aliran lava dan tubuh instrusi batuan beku (Bagian Selatan). 

Kawasan ini dikenal dengan lantai samudera purba. “Di balik situs geologi Karangsambung yang relatif berbukit dalamnya terdapat fosil bawah laut,  Hal ini terlihat pada beberapa singkapan batuan yang muncul ke permukaan yang menggambarkan evolusi lempeng tektonik dengan rentang usianya lebih dari 120 juta tahun lalu. “Kawasan ini bisa dijadikan kawasan penyimpanan sampel batuan dasar laut dari seluruh Indonesia karena belum ada tempat seperti itu di Indonesia. Ini akan menjadikan Karangsambung-Karangbolong mempunyai daya tarik ilmuwan internasional

Semua unsur kekayaan geologi di atas akan disatupadukan dengan kekayaan budaya dan kekayaan hayati (biologi) menjadi suatu kesatuan kawasan konservasi, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat dalam wadah Geopark Karangsambung-Karangbolong. Kawasan Geopark ini diharapkan akan menjadi salah satu instrumen pembangunan ekonomi berkelanjutan dengan mengedepankan aspek konservasi, aspek pendidikan, aspek pertumbuhan ekonomi lokal (pariwisata) dengan melibatkan masyarakat secara aktif sebagai pelaku utamanya.


Logo Geopark Karangbolong Karang sambung .png

Makna Logo Geopark Karangsambung-Karangbolong
1.  Geopark merupakan konsep pembangunan kawasan yang mengintergrasikan anatara geodiversity, biodiversity dan culturediversity; ketiga gunung (bentuk segitiga) melambangjan ketiga komponen tersebut yang disatukan dalam satu lungkaran merah menuju peningkatan ekonomi lokal dalam bingkai NKRI.
2.    Gunung dengan pohon kehidupan dan burung lawet berwarna coklat melambangkan identitas Kabupaten Kebumen dengan kekayaan budaya dan hayati. Warna coklat mencerminkan klasik, warna bumi.
3.  Gunung warna biru : simbol perbukitan mélange Karangsambung yang dihasilkan oleh patahan. Warna biru mencerminkan dinamika menuju keseimbangan.
4. Gunung dengan warna hijau ; simbol kawasan karst Karangbolong. Warna hijau mencerminkan keharmonisan, kelestarian.
5.      Lengkungan warna biru muda : mencerminkan sungai bawah tanah dikawasan karst dan laut.
6.  Lengkungan berwarna merah dan lengkungan bergaris coklat menyatu dengan bentuk gunungan, mencerminkan 2 lempeng bumi, yaitu lempeng samudra dan lempeng benua yang bertemu pada zona subduksi di daerah Karangsambung.
7.  Tulisan “ GEOPARK “ berwarna merah mencerminkan energy dan kekuatan, sedangkan tulisan “ Karangsambung-Karangbolong” dengan warna biru dan hijau mencerminkan dinamis dan keharmonisan yang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.


Logo Geopark Karangbolong Karang sambung hitam putih .png

===================
===================
Lambang merupakan gambar atau lukisan yang memiliki arti dan maksud tertentu. Semua tulisan dan gambar yang terkandung dalam suatu lambang merupakan cerminan cita-cita luhur dari pendiri organisasi atau instansi tersebut. Selain sebagai “Trade Mark”, lambang juga bisa memperlihatkan visi dan misi yang akan dicapai di masa depan. Kuripan Desain menyediakan berbagai varian file. Kami menyarankan untuk menggunakan Corel Draw X7 ke atas untuk penggunaan ataupun editin lebih maksimal.

Sebagai catatan
Logo yang kami tampilkan tidak 100% benar. Kami hanya mencoba menyajikan data dari berbagai referensi yang kami temui. Bahwa apabila ada pihak yang mengetahui atau mempunyai data yang valid, bisa menghubungi kami untuk dijadikan bahan koreksi / perbaikan.
Terima Kasih.

Comments

Popular posts from this blog

LOGO KABUPATEN KEBUMEN - VEKTOR DAN CDR

SEJARAH MAULID SIMTHUDDURAR MASUK INDONESIA

BANNER LLHPB GERAKAN MENANAM POHON CDR FREE