PAMFLET ETIKA BATUK DAN BERSIN MENURUT WHO & KEMENKES CDR FREE

COVID-19 kini telah menyebar ke seluruh dunia. World Health Organization (WHO) mencoba memberikan saran mengenai pencegahan penularan virus ini salah satunya soal etika batuk yang benar menurut WHO. Menurut WHO, virus corona COVID-19 menyebar melalui orang yang terinfeksi ke orang sehat. Penyakit dapat dengan mudah menyebar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus ini bersin atau batuk.


Tetesan itu kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan yang lalu disentuh dan orang sehat tersebut menyentuh mata, hidung atau mulut mereka. Cara penyebaran Virus corona ketika tetesan kecil itu dihirup oleh seseorang ketika berdekatan dengan yang terinfeksi corona.


Berikut etika batuk yang benar menurut WHO untuk mencegah penularan virus corona:
  • Tutup mulut dan hidung saat batuk dengan lengan baju dalam atau tisu agar virus tak menyebar ke udara
  • Buang tisu yang telah dipakai buat batuk ke tong sampah
  • segera cuci tangan pakai air bersih atau hand sanitizer
  • Gunakan masker.
WHO juga menyarankan jika kamu sakit tinggallah di rumah. Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan ikuti arahan otoritas kesehatan setempat. Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda.

Kebiasaan batuk/bersin yang salah :
  • Tidak menutup mulut saat batuk atau bersin di tempat umum.
  • Tidak mencuci tangan setelah digunakan untuk menutup mulut atau hidung saat batuk/bersin.
  • Membuang ludah batuk di sembarang tempat.
  • Membuang atau meletakkan tisu yang sudah dipakai di sembarang tempat.
  • Tidak menggunakan masker saat flu atau batuk
Tujuan dari melakukan etika batuk dan bersin adalah menghindarkan penyebaran virus. Mungkin, beberapa bersin dan batuk tidak mengandung kuman berbahaya. Namun, kuman dan virus bisa berasal dari rongga mulut yang dikeluarkan saat bersin dan batuk dilakukan.

Hal ini kemungkinan besar membentuk koloni yang menyebabkan infeksi. Bagi Anda yang sedang menderita batuk, sebaiknya menggunakan masker. Bila perlu sedikit jauhkan diri agar orang lain tidak terkena infeksi.

Namun alangkah baiknya lagi, Anda istirahat di rumah hingga batuk benar – benar sembuh. Terlebih, jika batuk disebabkan karena suatu penyakit. Penularan penyakit dari bersin dan batuk bisa terjadi dimana saja, seperti sekolah, kantor, pusat keramaian hingga rumah sekalipun. Sangat penting untuk memperhatikan etika dalam bersin dan batuk.

Itulah sedikit pengetahuan akan etika bersin dan batuk yang perlu Anda lakukan agar penularan penyakit bisa dicegah.

=================== 


=================== 

Sebagai catatan

Kuripan Desain menyediakan berbagai varian file. Kami menyarankan untuk menggunakan Corel Draw X7 ke atas untuk penggunaan ataupun editing lebih maksimal.

Terima Kasih.

Comments

Popular posts from this blog

LOGO KABUPATEN KEBUMEN - VEKTOR DAN CDR

SEJARAH MAULID SIMTHUDDURAR MASUK INDONESIA

BANNER LLHPB GERAKAN MENANAM POHON CDR FREE